Ada dua
hal yang memudahkan kita masuk surga yaitu: takwa dan akhlak yang mulia.
Bagaimana mewujudkannya? Bisa dipelajari dari Khutbah Jumat berikut ini.
Khutbah Pertama
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي هَدَانَا لِهَذَا وَمَا كُنَّا
لِنَهْتَدِيَ لَوْلَا أَنْ هَدَانَا اللَّهُ لَقَدْ جَاءَتْ رُسُلُ رَبِّنَا
بِالْحَقِّ وَنُودُوا أَنْ تِلْكُمُ الْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ
تَعْمَلُونَ
أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ سَارَ عَلَى نَهْجِهِ القَوِيْمِ
وَدَعَا إِلَى الصِّرَاطِ المُسْتَقِيْمِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَسَلَّمَ
تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا
اللّهُمَّ عَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا، وَانْفَعَنَا بِمَا
عَلَّمْتَنَا، وَزِدْنَا عِلْماً، وَأَرَنَا الحَقَّ حَقّاً وَارْزُقْنَا
اتِّبَاعَهُ، وَأَرَنَا البَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ
Amma ba’du …
Ma’asyirol muslimin rahimani wa rahimakumullah …
Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, yang memerintahkan
kita untuk terus bertakwa kepada-Nya. Selain bertakwa, Allah memerintahkan kita
pula untuk berakhlak yang mulia kepada sesama. Dengan menjalankan kebaikan dan
ketaatan itulah bentuk syukur kita kepada Sang Khaliq, Rabbal ‘Alamin. Tanpa
ketaatan, seseorang tidak disebut bersyukur walaupun dia memiliki harta yang
melimpah dan berbagai nikmat lainnya di tangannya.
Pada hari Jumat penuh berkah ini, kita diperintahkan bershalawat
kepada Nabi akhir zaman, Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam,
kepada keluarga, para sahabat, serta pengikut setia beliau hingga akhir zaman.
Ma’asyirol muslimin rahimani wa rahimakumullah …
Perintah
takwa inilah yang sering kita dengar dalam khutbah Jumat berulang kali,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ
وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ
“Hai
orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa
kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan
beragama Islam.“ (QS. Ali Imran: 102)
Apa
bentuk takwa yang sebenarnya?
Sebagaimana
disebutkan dalam Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim oleh Ibnu Katsir,
dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata mengenai takwa yang
sebenarnya,
لاَ يَتَّقِي العَبْدُ اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ حَتَّى يَخْزُنُ مِنْ
لِسَانِهِ
“Tidaklah
seseorang disebut bertakwa dengan sebenar-benarnya kepada Allah sampai ia bisa
menjaga lisannya.”
Kata
Ibnu Katsir rahimahullah,
وَمَنْ مَاتَ عَلَى شَيْءٍ بُعِثَ عَلَيْهِ
“Siapa
yang meninggal dunia dengan suatu keadaan, maka ia akan dibangkitkan seperti
keadaan itu pula.”
Perlu
diingat bahwa ada dua amalan yang membuat seseorang mudah masuk surga,
yaitu takwa dan akhlak yang mulia.
Dari
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ أَكْثَرِ مَا
يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ فَقَالَ « تَقْوَى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ ».
وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ فَقَالَ « الْفَمُ
وَالْفَرْجُ»
“Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam ditanya mengenai perkara yang banyak memasukkan
seseorang ke dalam surga, beliau menjawab, ‘Takwa kepada Allah dan berakhlak
yang baik.’ Beliau ditanya pula mengenai perkara yang banyak memasukkan
orang dalam neraka, jawab beliau, ‘Perkara yang disebabkan karena mulut dan
kemaluan.’” (HR. Tirmidzi, no. 2004 dan Ibnu Majah, no. 4246. Al-Hafizh Abu
Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).
Apa itu Takwa?
Takwa
asalnya adalah menjadikan antara seorang hamba dan sesuatu yang ditakuti suatu
penghalang. Sehingga takwa kepada Allah berarti menjadikan antara hamba dan
Allah suatu benteng yang dapat menghalangi dari kemarahan, murka dan siksa
Allah. Takwa ini dilakukan dengan melaksanakan perintah dan menjauhi maksiat.
Namun
takwa yang sempurna kata Ibnu Rajab Al-Hambali adalah dengan
mengerjakan kewajiban, meninggalkan keharaman dan perkara syubhat, juga
mengerjakan perkara sunnah, dan meninggalkan yang makruh. Inilah derajat takwa
yang paling tinggi.
Ibnu
Mas’ud ketika menafsirkan ayat “bertakwalah pada Allah dengan sebenar-benarnya
takwa” yang terdapat dalam surah Ali Imran ayat 102, beliau berkata,
أَنْ يُطَاعَ فَلاَ يُعْصَى ، وَيُذْكَرُ فَلاَ يُنْسَى ، وَأَنْ
يُشْكَرَ فَلاَ يُكَفَّرُ
“Maksud
ayat tersebut adalah Allah itu ditaati, tidak bermaksiat pada-Nya. Allah itu
terus diingat, tidak melupakan-Nya. Nikmat Allah itu disyukuri, tidak
diingkari.” (HR. Al-Hakim secara marfu’, namun mauquf lebih shahih, berarti
hanya perkataan Ibnu Mas’ud). Yang dimaksud bersyukur kepada Allah di sini
adalah dengan melakukan segala ketaatan pada-Nya.
Adapun
maksud mengingat Allah dan tidak melupakan-Nya adalah selalu mengingat Allah
dengan hati pada setiap gerakan dan diamnya, begitu saat berucap. Semuanya
dilakukan hanya untuk meraih pahala dari Allah. Begitu pula larangan-Nya pun
dijauhi. (Lihat Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 1:397-402)
Apa itu Akhlak yang
Baik?
Ibnu
Rajab mengatakan bahwa berakhlak yang baik termasuk bagian dari takwa. Akhlak
disebutkan secara bersendirian karena ingin ditunjukkan pentingnya
akhlak. Sebab banyak yang menyangka bahwa takwa hanyalah menunaikan hak
Allah tanpa memperhatikan hak sesama. (Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam,
1:454).
Bahkan
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikan akhlak yang baik
sebagai tanda kesempurnaan iman. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا
“Orang
mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.”
(HR. Abu Daud, no. 4682 dan Ibnu Majah, no. 1162. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan
bahwa sanad hadits ini hasan)
Bentuk Akhlak yang
Baik
Akhlak
yang baik (husnul khuluq) ditafsirkan oleh para salaf dengan menyebutkan
beberapa contoh.
Al-Hasan
Al-Bashri rahimahullah mengatakan,
حُسْنُ الخُلُقِ : الكَرَمُ وَالبَذْلَةُ وَالاِحْتِمَالُ
“Akhlak
yang baik adalah ramah, dermawan, dan bisa menahan amarah.”
Asy-Sya’bi
berkata bahwa akhlak yang baik adalah,
البَذْلَةُ وَالعَطِيَّةُ وَالبِشرُ الحَسَنُ ، وَكَانَ الشَّعْبِي
كَذَلِكَ
“Bersikap
dermawan, suka memberi, dan memberi kegembiraan pada orang lain.” Demikianlah
Asy-Sya’bi, ia gemar melakukan hal itu.
Ibnul
Mubarak mengatakan bahwa akhlak yang baik adalah,
هُوَ بَسْطُ الوَجْهِ ، وَبَذْلُ المَعْرُوْفِ ، وَكَفُّ الأَذَى
“Bermuka
manis, gemar melakukan kebaikan, dan menahan diri dari menyakiti orang lain.”
Imam
Ahmad berkata,
حُسْنُ الخُلُقِ أَنْ لاَ تَغْضَبَ وَلاَ تَحْتَدَّ ، وَعَنْهُ
أنَّهُ قَالَ : حُسْنُ الخُلُقِ أَنْ تَحْتَمِلَ مَا يَكُوْنُ مِنَ النَّاسِ
“Akhlak
yang baik adalah tidak mudah marah dan cepat naik darah.” Beliau juga berkata,
“Berakhlak yang baik adalah bisa menahan amarah di hadapan manusia.”
Ishaq
bin Rohuwyah berkata tentang akhlak yang baik,
هُوَ بَسْطُ الوَجْهِ ، وَأَنْ لاَ تَغْضَبَ
“Bermuka
manis dan tidak marah.” (Lihat Jaami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam,
1:457-458)
Demikian khutbah pertama ini. Semoga kita bisa memiliki
ketakwaan dan akhlak yang mulia yang memudahkan kita ke surga.
أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِي وَلَكُمْ
وَلِسَائِرِ المُسْلِمِيْنَ إِنَّهُ هُوَ السَمِيْعُ العَلِيْمُ
Khutbah Kedua
أَحْمَدُ رَبِّي وَأَشْكُرُهُ ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا
اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ نَبِيَّنَا مُحَمَّدًا
عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ
تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ
اَمَّا بَعْدُ : فَيَااَ يُّهَاالنَّاسُ !! اِتَّقُوااللهَ
تَعَالىَ. وَذَرُوالْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَوَمَابَطَنْ. وَحَافِظُوْاعَلىَ
الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ. وَاعْلَمُوْااَنَّ اللهَ
اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ.
فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاًعَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ
يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِ
وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا
صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ
مَجِيْدٌ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالمسْلِمَاتِ وَالمؤْمِنِيْنَ
وَالمؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ
مُجِيْبُ الدَّعْوَةِ
اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا يَحُولُ بَيْنَنَا
وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ
الْيَقِينِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مُصِيبَاتِ الدُّنْيَا وَمَتِّعْنَا
بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ
الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى
مَنْ عَادَانَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِى دِينِنَا وَلاَ تَجْعَلِ
الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا
مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا
رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ
لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الهُدَى وَالتُّقَى وَالعَفَافَ
وَالغِنَى
اللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِى الأُمُورِ كُلِّهَا
وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْىِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ
اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ
وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ
اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ
إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ
أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
اللَّهُمَّ إنَّا نَسْأَلُكَ الهُدَى ، والتُّقَى ، والعَفَافَ ،
والغِنَى
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ
حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ
وَصَحْبِهِ ومَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدّيْن
وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar